Minggu, 26 Juli 2009

Memilih Indukan Cupang yang Berkualitas


Untuk mendapatkan anak cupang (burayak) yang berkualitas, tentu dibutuhkan indukan yang berkualitas pula. Untuk mendapatkan indukan ini, Anda bisa membelinya di toko ikan hias atau langsung dari farm yang terpercaya, baik di dalam maupun luar negeri. Indukan cupang juga bisa dipesan melalui internet atau hasil peliharaan sendiri yang dibesarkan dengan telaten serta diketahui asal-usulnya.

Adapun langkah awal yang harus dilakukan sebelum budi daya dimulai adalah menentukan warna, gurat tulangan, ukuran tubuh, faktor genetik, dan persentase kecacatan. Sebaiknya, dipilih ikan yang benar-benar mampu melahirkan benih yang bisa tumbuh besar seperti induknya, tidak banyak yang cacat atau rejected.

Budi daya cupang bisa dimulai dengan membeli dua atau tiga pasang cupang berumur muda, gerakannya aktif, dan memiliki warna yang cerah. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri indukan cupang yang berkualitas.

Induk Jantan

* Sehat, tidak cacat, dan berasal dari genotip yang baik.
* Ekor dan sirip panjang serta mengembang seperti kipas.
* Warna cerah mengilap.
* Bentuk badan panjang dan ramping.
* Dasi jantan lebih panjang daripada dasi betina.
* Umur 5-6 bulan.
* Ciri-ciri siap dipijah: ada garis putih vertikal di badan dan insang, warna lebih cerah, bagian perut membesar dan lunak bila dipegang, titik putih di bagian perut (kelamin/pena) lebih menonjol, dan gerakan pasif.

Indukan Betina

* Sehat, tidak cacat, ekor mengembang, dan berasal dari genotip yang baik.
* Warna tidak secerah jantan.
* Badan pendek dan gemuk.
* Umur 4-6 bulan.
* Ciri-ciri siap dipijah: ada garis putih pada insang, warna semakin cerah, gerakan agresif, dan mengumpulkan busa untuk menempelkan telur.

Comments :

0 komentar to “Memilih Indukan Cupang yang Berkualitas”

Posting Komentar

 

Followers

Copyright © 2009 by IKAN HIAS
Template by Blog Templste 4 U | Blogspot Tutorial

Modified by :Blogger Ceria